Al Ilmi
Vol 9 No 1 (2020): Al 'Ilmi: Jurnal Pendidikan MIPA

Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Tutor Sebaya Pada Materi Larutan Elektrolit Dan Non Elektrolit

Tutik Fitriani (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Muhammad Isnaini (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)
Moh. Ismail Sholeh (Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dikelas X MIA MA Al-Fatah Palembang, (2) mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tutor sebaya pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit dikelas X MIA MA Al-Fatah Palembang, dan (3) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan tutor sebaya pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit di kelas X MIA MA Al-Fatah Palembang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest-postest control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA MA Al-Fatah Palembang yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 58 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis tekniknya adalah sampling purposive yaitu siswa kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi, dan dokumentasi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model jigsaw dengan N-gain sebesar 0,58 dikategorikan sedang, (2) terjadi peningkatan kemmapuan berpikir kritis siswa pada kelas kontrol dengan N-gain sebesar 0,53,dikategorikan sedang, (3) terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa dengan taraf signifikan = 0,05 diperoleh thitung 2,92 ³ ttabel 1,99.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Alilmi

Publisher

Subject

Description

Jurnal Al 'Ilmi: Jurnal pendidikan MIPA merupakan jurnal multidisiplin yang diterbitkan dengan p-ISSN 2337-3083 dan e-ISSN 2615-4013. Pada tingkat nasional mencakup masalah-masalah umum atau masalah yang berkaitan dengan Biologi dan Pendidikan Biologi, Matematika, fisika dan kimia. Tujuan dari ...