JOURNAL OF INFORMATICS AND TELECOMMUNICATION ENGINEERING
Vol. 6 No. 2 (2023): Issues January 2023

Red Onion Customer Relationship Management System Business Process Design Using BPR LC Method

Aditya Rahman (Universitas Dian Nuswantoro)
Ika Novita Dewi (Unknown)
Farrikh Alzami (Unknown)
Kukuh Biyantama (Unknown)
Muhammad Rizal Nurcahyo (Unknown)
Filmada Ocky Saputra (Unknown)
Rindra Yusianto (Unknown)
Mila Sartika (Unknown)
Firman Wahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2023

Abstract

Customer Relationship Management merupakan sistem yang membantu proses bisnis dalam mengelola hubungan antara perusahaan atau organisasi dengan pelanggan. Akan tetapi Customer Relationship (CRM) jarang ditemui dalam sektor pertanian, terutama pada pertanian bawang merah di Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk merekayasa ulang dan memperbarui proses bisnis yang sedang berjalan guna memperbaiki permasalahan tersebut dengan menggunakan teknologi Machine Learning dan memodelkan proses bisnis dengan Business Procces Modeling Notation (BPMN). Untuk memperlancar tujuan penelitan, penelitian ini menggunakan metode Business Process Reengineering Life Cycle untuk menghasilkan CRM bawang merah. Pada penelitian ini menghasilkan sebuah temuan yaitu proses bisnis yang baru dengan menyertakan teknologi Machine Learning yang ditampung pada aplikasi cluster petani yang telah digambarkan pada BPMN, hal tersebut dilakukan agar menunjang kekurangan dalam kegiatan petani agar lebih menjadi efisien dan optimal serta mendapatkan hasil panen yang diinginkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jite

Publisher

Subject

Computer Science & IT Engineering

Description

JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, JITE (Journal of Informatics and Telecommunication Engineering) is a journal that contains articles / publications and research results of scientific work related to the field of science of Informatics Engineering such as Software Engineering, Database, Data Mining, ...