Penelitian ini bertujuan untuk Memahami bagaimana formulasi konsep manajemen pendidikan dalam perspektif Islam. Melalui telaah pemahaman secara tekstual dan kontekstual. Permasalahan yang ada dijawab melalui penelitian kepustakaan (library research). Hasil dari penelitian ini adalah bagaimana manajemen pendidikan adalah implemantasi dari asas manajemen pendidikan pada biasanya, sehingga manajemen pendidikan Islam memiliki keunikan dalam bidang proses, tujuan, serta orientasinya. Selanjutnya berdasarkan tujuannya, manajemen pendidikan Islam terus menerus bermuara pada tujuan pendidikan Islam, adalah peningkatan fitrah serta mengekspresikan kapasitas peserta didik sebagai pemimpin menuju kesempurnaan hidup atau insan kamil. Berdasarkan prosesnya, manajemen pendidikan Islam mesti dilandasi dengan ruh dan semangat theologis-edukatif yang bersentuhan dengan kemaslahatan manusia yang tidak semata-mata dilandasi prinsip efektivitas, efisiensi dan produktivitas, melainkan juga harus dilandasi dengan prinsip mendidik.
Copyrights © 2023