Jurnal Dedikasi Pendidikan
Vol 7, No 1 (2023): Januari 2023

PENGEMBANGAN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST UNTUK MENGANALISIS KEMAMPUAN KONSEPSI SISWA PADA FLUIDA STATIS

Fajrul Wahdi Ginting (Universitas Malikussaleh)
Halimatus Sakdiah (Universitas Malikussaleh)
Junika Rose (Universitas Malikussaleh)
Nadila Febrianty (Universitas Malikussaleh)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Kekeliruan konsepsi atau miskonsepsi yang terus-menerus akan menjadi masalah dalam pembelajaran dan perkembangan kompetensi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen four-tier diagnostic test pada topik fluida statis untuk menganalisis kemampuan konsepsi siswa SMA kelas XI di kota Lhokseumawe dan kabupaten Aceh Utara. Instrumen tes dikembangkan dengan mengadaptasi model pengembangan 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Hasil validitas isi pada intrumen tes diagnostik berdasarkan penilaian sepuluh orang validator, dan dari analisis data kuantitatif validitas instrumen diperoleh bahwa koefisien valditas sebesar 0,836 pada kategori tinggi. Instrumen Tes diagnostik yang telah dinyatakan layak selanjutnya diterapkan pada 180 siswa SMA kelas XI dan ditemukan bahwa sebanyak 11,92% pada kategori miskonsepsi, 32,02% siswa belum paham konsep fluida statis, dan 56,06% pada kategori paham konsep. Melalui penyusunan instrumen four-tier diagnostic test pada penelitian ini diharapkan guru dapat menganalisis kemampuan konsepsi siswa untuk setiap indikator pencapaian pembelajaran pada topik fluida statis, dan dapat mengkategorikan penguasaan konsep siswa pada kategori Paham Konsep, Belum Paham Konsep dan Miskonsepsi. Sehingga dapat memudahkan guru untuk menentukan langkah selanjutnya dalam rangka meremediasi kompetensi siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dedikasi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal ini diterbitkan oleh LPPM Universitas Abulyatama yang terbit 2 kali setahun. Jurnal ini dimaksudkan untuk menyebarluaskan penelitian para akademisi, peneliti, dan praktisi lainnya dalam mengembangkan dunia pendidikan. Jurnal ini berisi tentang kajian ilmiah dunia pendidikan, pengembangan ...