Instrumen penilaian moralitas (sila) peserta didik pendidikan dasar menjadi sangat penting untuk dikembangkan sebagai upaya untuk mendapatkan gambaran moral siswa secara utuh. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan instrumen penilaian moralitas (sila) peserta didik sekolah menengah pertama yang valid dan reliabel. Instrumen penilaian sīla peserta didik sekolah menengah pertama didapatkan sesuai dengan metodologi penelitian research and development. Analisis data secara deskriptif kualitatif menggunakan teknik delphi dan validitas Aikend’s. Analisis data secara kuantitatif menggunakan program SPSS 15.0 for windows. Hasil penelitian ini adalah instrumen penilaian sīla peserta didik sekolah menengah pertama yang valid dan reliabel. Instrumen penilaian diri sendiri memiliki nilai KMO sebesar 0, 805 dan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,939. Instrumen penilaian oleh guru pendidikan agama Buddha memiliki nilai KMO sebesar 0,805 dan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,933. Instrumen penilaian sīla peserta didik sekolah menengah pertama terdiri dari 8 indikator, yaitu (1) sīla di rumah, (2) sīla di sekolah, (3) sīla dalam pergaulan, (4) sīla di tempat ibadah, (5) menjalankan 5 sīla, (6) batin siswa, (7) menjalankan 5 dharma dan (8) sikap siswa. Instumen penelitian yang telah dikembangkan dapat digunakan secara praktis oleh guru untuk menilai moralitas siswa.
Copyrights © 2023