Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan berhitung yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, terutama konsep bilangan yang merupakan dasar bagi pengembangan kemampuan matematika. Permasalahan yang terjadi di TK. Pahala Kencana Pataruman Kecamatan Sucinaraja, menunjukkan bahwa metode pengembangan kemampuan berhitung masih menggunakan metode drill, praktek paper-pencil test. Masih menekankan pengajaran yang berpusat pada guru, serta kurangnya media yang digunakan oleh guru untuk menunjang pembelajaran berhitung. Adapun saran bagi guru TK adalah guru hendaknya menggunakan media yang lebih bervariatif dan menstimulasi tahapan perkembangan kognitif anak khususnya berhitung. Seperti media pohon hitung, pohon hitung ini merupakan salah satu media yang dapat membantu anak dalam mencapai tahapan penguasaan berhitung, yaitu tahapan pengenalan konsep, transisi dan tahapan mengenal lambang. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengangkat kembali permasalahan yang ada tetapi dengan metode, teknik, strategi, dan media yang lain serta tindakan yang berbeda agar dapat memberi masukan atau temuan baru khususnya dalam meningkatkan kemampuan berhitung anak sehingga dapat mengembangkan potensi anak secara optimal.
Copyrights © 2022