Jurnal Educatio FKIP UNMA
Vol. 9 No. 1 (2023): January-March

Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Agus Darmuki (IKIP PGRI Bojonegoro)
Nur Alfin Hidayati (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa menggunakan model Project Based Learning pada Mata Kuliah Umum Bahasa Indonesia di Prodi Managemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Muria Kudus. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas melalui dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini berupa proses pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia pada mahasiswa kelas H semester 2 Prodi Managemen Fakultas Ekonomi Bisnis UMK yang memprogram mata kuliah Bahasa Indonesia dengan jumlah 51 mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa dari kategori keterampilan berpikir HOTSsaat prasiklus 30% meningkat menjadi 50% pada siklus 1 dan menjadi 88% pada siklus 2, begitu juga untuk kategori kreatifitas mahasiswa meningkat dari prasiklus  29% meningkat menjadi 51 % pada siklus 1 dan menjadi 90% pada siklus 2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi mahasiswa pada mata kuliah Bahasa Indonesia di Prodi Managemen Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Muria Kudus Tahun Akademik 2021/2022.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educatio

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Education curriculum, instruction, learning, policy, preparation of teachers, Learning Media, Development Subject of Education, and Management of ...