Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 1 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Penerapan Media Counting Box Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 SD Negeri 3 Tanjung Lago

Edi Santoso (Universitas PGRI Palembang)
Ida Suryani (Universitas PGRI Palembang)
Jayanti Jayanti (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah peningkatan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas I SD. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling dmana sampel yang diambil yaitu kelas I B di SDN 3 Tanjung Lago. Penelitian ini menggunakan metode penelitian jenis pre eksperimental design. Metode pengumpulan data aktivitas siswa melalui dokumentasi dan observasi, sedangkan data hasil belajar dikumpulkan menggunakan tes berbentuk pilihan ganda. Dengan menggunakan metode the one group pretet and postest. Metode analisis data penelitian menggunakan analisi kuantitatif menggunakan uji Gain Termonalisasi. Dimana pada pemberian tes awal (pretest) diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 50,34, kemudian pada pemberian tes akhir (posttest) diperoleh nilai rata-rata siswa yaitu 91,72. Hasil tersebut terlihat dapat menyatakan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar dan signifikan pada penggunaan media counting box pada mata pelajaran matematika, dengan dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media counting box dapat meningkatkan hasil belajar matematikasiswa kelas I SD Negeri 3 Tanjung Lago.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...