Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 1 (2022): Maret

Kemitraan Sekolah dan Komite Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SDN 2 Aik Mual Tahun Ajaran 2021/2022

Salma Firdaus (Universitas Mataram)
Asrin Asrin (Universitas Mataram)
Safruddin Safruddin (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
05 Mar 2022

Abstract

Masyarakat merupakan salah satu faktor pendukung peningkatan mutu pendidikan di sekolah, terlebih lagi ketika adanya virus covid-19 yang mengharuskan peserta didik belajar dirumah. Dari pembelajaran yang dilakukan di rumah tentu membutuhkan bantuan masyarakat. Karena kebanyakan peserta didik akan sering bermain di linkungan masyarakatnya ketika tidak diawasi oleh guru dan orang tuanya. Hal ini tentu mengakibatkan penurunan prestasi dibidang akademik dan non akademik peserta didik. Maka dari itu untuk mewadahi keikutsertaan masyarakat dalam meningkatkan mutu pendidikan dibentuklah yang namanya komite sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemitraan sekolah dan komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan dalam bidang akademik dan non akademik SDN 2 Aik Mual Lombok Tengah. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam bidang akademik pihak sekolah dengan komite sekolah mebuat strategi yang dapat digunakan di dalam kelas supaya peserta didik mampu memahami materi dengan baik. Sedang dalam bidang non akademiknya mereka mampu membangun musholla dalam waktu tiga bulan untuk kegiatan imtaq jum’at dan sholat duha, melakukan pembinaan olahraga dan adanya pelatihan tilawatil qur’an, dimasyarakat untuk peserta didik SDN 2 Aik Mual. Dapat disimpulkan bahwa kemitraan sekolah dengan komite sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui berbagai program yang dilakukan bersama-sama sehingga peserta didik dapat meraih prestasi-prestasi yang membanggakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...