Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 2 (2022): Juni

Pengaruh Pembelajaran Berbasis Proyek dengan Pendekatan Sains Teknologi Masyarakat terhadap Kreativitas Ilmiah Siswa

Jihan Juliastari (Universitas Mataram)
I Putu Artayasa (Universitas Mataram)
I Wayan Merta (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2022

Abstract

Kreativitas Ilmiah merupakan  kompetensi yang sangat penting pada abad XXI karena berkontribusi menghasilkan gagasan baru melalui kegiatan ilmiah, sehingga keterampilan ini perlu dikembangkan pada siswa dengan menerapkan model pembelajaran yang efektif. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menguji  pengaruh model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan sains teknologi masyarakat (STM) terhadap kreativitas ilmiah siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-equivalen control group disgn dan teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling.Variabel bebas penelitian dalah penerapan model pembelajaran yang berbeda, sementara variabel terikat penelitian  adalah kreativitas ilmiah siswa. Data kreativitas ilmiah diperoleh dari hasil tes uraian.  Instrumen tes disusun atas modifikasi tes kreativitas ilmiah dari Hu dan Adey. Uji hipotesis data menggunakan  ANACOVA. Hasil penelitian menujukkan bahwa nilai sig. (p) = 0,000 lebih kecil dari alpha 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dengan pendekatan sains teknologi masyarakat berpengaruh secara signifikan terhadap kreativitas ilmiah siswa SMP.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...