Biologi memiliki karakteristik materi spesifik yang membuat guru harus lebih kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran. Selain penggunaan model pembelajaran yang bervariasi, media pembelajaran merupakan sesuatu yang penting dan harus diperhatikan dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh blended learning berbasis media pembelajaran multimedia terhadap hasil belajar siswa dan di SMA Negeri 1 Praya Tengah. Metode penelitian ini adalah metode quasy experimental dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Praya Tengah. Penentuan sampel dilakukan dengan purposive sampling dan random sampling sehingga diperoleh kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data hasil belajar menggunakan instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Mann Whitney dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji Mann Whitney didapatkan bahwa nilai Asymp Sig (2-tailed) lebih besar dari α atau 0,035 < 0,05. Artinya, blended learning berbasis media pembelajaran multimedia memberikan pengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa.Â
Copyrights © 2022