Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 2 (2022): Juni

Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Inkuiri Terbimbing Terintegritas dengan Karakter untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik

Randi Kurnia Hidayat (Universitas Mataram)
Hairunnisyah Sahidu (Universitas Mataram)
I Wayan Gunada (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
11 Mar 2022

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing terintegritas dengan karakter untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik yang valid dan efektif.  Produk yang dikembangkan yakni: silabus, RPP, LKPD, dan instrumen tes. Desain penelitian yang digunakan adalah model 4D yang terdiri dari Define, Design, Develop dan Disseminate. Produk yang dikembangkan yaitu silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), dan Instrumen Penilaian Pemahaman Konsep. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan alat evaluasi pemahaman konsep. Data validitas perangkat dianalisis menggunakan skala likert. Data keefektifan produk dianalisis menggunakan standar Gain. Validitas produk dinilai oleh tiga validator ahli dan tiga validator praktisi. Penilaian oleh validator rata-rata 3,09 sampai 3,83 dengan kriteria valid sampai sangat valid. Hasil rata-rata uji N-Gain untuk pemahaman konsep diperoleh nilai sebesar 0,31 dengan kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan perangkat pembelajaran berbaisi inkuiri terbimbing terintegritas dengan karakter untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik valid dan efektif.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...