Penguasaan konsep merupakan syarat dalam mencapai keberhasilan belajar fisika, dengan demikian pembelajaran fisika bukan hanya untuk mengahafal tetapi lebih menuntut peserta didik untuk memahami dan mampu mengaplikasikan konsep-konsep yang sudah dipelajari. Penelitian pengembangan (Research and Development) ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model generatif berbantuan video simulasi fluida dinamis yang layak untuk meningkatkan penguasaan konsep peserta didik. Model penelitian yang digunakan sesuai desain pengembangan dari 4D yang terdiri dari tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Produk yang dikembangkan yaitu Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), instrumen tes penguasaan konsep serta video simulasi pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi. Validasi produk dinilai oleh tiga validator ahli dan tiga validator praktisi. Hasil penilaian dari semua produk oleh validator ahli dan praktisi berturut-turut sebesar 83,67% dan 92,75% dengan kategori cukup valid dan sangat valid. Nilai rata-rata hasil analisis reliabilitas untuk keseluruhan produk sebesar 93,87% dengan kategori reliabel. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan berkategori valid dan reliabel sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2023