Cakrawala Indonesia
Vol 7 No 2 (2022): Nopember-April

PENGARUH PENGGUNAAN METODE SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERITA PENDEK

Jumiati, Jumiati (Unknown)
Kasau, M. Nurzin R. (Unknown)
Zain, Suardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode Snowball Throwing terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang Kabupaten Sidenreng Rappang tahun pelajaran 2021Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 5 Panca Rijang yang berjumlah 36 siswa yang terbagi pada dua kelas. Sampel diambil sebanyak 36 orang, yaitu 17 kelompok eksprimen (kelas VIII.A) dan 19 kelompok kontrol (kelas VIII.BData diperoleh dengan teknik observasi dan teknik tes tertulis. Hasil yang diperoleh dari teknik tersebut selanjutnya diolah melalui teknik statistik deskriptif dan teknik inferiensial ( uji –t) melalui SPSS.20 Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelompok yang menggunakan kelas konvensional lebih tinggi dibanding dengan kelas kontrol yang ditugaskan untuk menuliskan cerpen. Hal ini dibuktikan dari hasil perhitungan yang menunjukkan bahwa t hitung sebesar 3,473 < ttabel sebesar 3,471 maka ada Ada pengaruh penggunaan metode Snowball Throwing terhadap kemampuan menulis cerita pendek siswa, H1 diterima. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan metode Snowball Throwing terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panca Rijang Kabupaten Sidenreng Rappang, dengan demikian disarankan kepada guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP Negeri 5 Panca Rijang untuk menerapkan model Snowball Throwing.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Linguistics; phonology, morphology, syntax, discourse analysis, psycholinguistics, sociolinguistics, and critical discourse analysis. Literature: local literature studies, Indonesian literature, foreign literature studies, children literature, literature studies for character education, and other ...