Cakrawala Indonesia
Vol 7 No 2 (2022): Nopember-April

HASIL BELAJAR MENULIS TEKS BERITA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL

Kahfi, Ashabul (Unknown)
Tahir, M. Hijaz (Unknown)
Kasau, M. Nurzin R. (Unknown)
Agussalim, H. (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terhadap kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan media audio visual siswa kelas VIII SMP negeri 3 Pangsid Kabupaten Sidenreng Rappang. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Pangsid Tahun pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 118 siswa, sementara sampel penelitian yang diambil secara acak (random sampling)adalah 30 siswa, 15 siswa untuk kelas eksperimen dan 15 siswa untuk kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni membandingkan dua kelompok, yaitu kelompok yang di berikan pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan media audio visual atau kelas eksperimen dan kelompok yang di berikan pembelajaran menulis teks berita tanpa menggunakan media audio visual atau kelas kontrol. Hasil analisis data menunjukkan perbedaan nilai rata-rata kelompok eksperimen dan nilai rata-rata kelompok kontrol, yakni Mx = 82,867, lebih besar dari My =76,800. Hal itu berarti ada pengaruh terhadap kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan media audio visual kelas VIII SMP Negeri 3 Pangsid.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Linguistics; phonology, morphology, syntax, discourse analysis, psycholinguistics, sociolinguistics, and critical discourse analysis. Literature: local literature studies, Indonesian literature, foreign literature studies, children literature, literature studies for character education, and other ...