Pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran yang mengintegrasikan ketrampilan literasi, pengetahuan, keterampilan dan sikap, serta keahlian dengan teknologi. Pembelajaran pada abad 21 mengharuskan seorang guru memiliki kreativitas dan kecakapan dalam menyusun perangkat pembelajaran berbasis IT. Dalam menghadapi siswa sekarang (digital native), media pembelajaran konvensional akan sangat menjenuhkan bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi atletik dengan penggunaan media pembelajaran simulasi berbantukan game wordwall. Sampel yang diambil penelitian ini berjumlah 6 orang siswa dan 1 orang guru dengan menggunakan purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix yaitu metode kuantitatif atau kualitatif. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan tes hasil belajar. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dengan diterapkannya Penggunaan Media Pebelajaran Simulasi Game Wordwall, hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar pada post-test yaitu diperoleh persentase siswa tuntas sebesar 100% dan persentase siswa tidak tuntas sebesar 0%. kemudian peneliti mendapatkan hasil pengisian lembar kuesioner siswa dimana kategori SS berjumlah 46, kategori S berjumlah 52, kategori TS berjumlah 13, dan kategori STS berjumlah 9. Kemudian nilai tersebut dapat dipersentasekan menjadi kategori ST sebesar 38,33%, S sebesar 43,33%, TS sebesar 10,83%, dan STS sebesar 7,50%. Berdasarkan hasil uraian diatas, maka dapat disimpulkan bahwa ada efektivitas pembelajaran simulasi berbantukan game wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi atletik di SD Negeri 183/II Sumber Mulya.
Copyrights © 2022