Optika : Jurnal Pendidikan Fisika
Vol. 6 No. 2 (2022): OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING BERBASIS INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA MATERI PENGUKURAN SISWA KELAS X SMA

Mako, Irwan (Unknown)
Ilyas, Ilyas (Unknown)
Dala Ngapa, Yulius Saprianus (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning berbasis inkuiri pada materi pengukuran terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA  Swasta Adhyaksa Ende semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif  kuantitatif dengan desain penelitiaan one shot case study. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMA Swasta Adhyaksa Ende, dan sampel penelitian berjumlah 20 orang yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dari sampel penelitian berupa penilaian kognitif  hasil belajar  materi pengukuran. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil dari penelitian ini diambil melalui post-test, dimana dari hasil analisis data diperoleh thitung > ttabel atau 6,496 > 2,093  pada taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan 19. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning berbasis inkuiri terhadap hasil belajar fisika  pada materi pengukuran siswa kelas X  semester 1 SMA Swasta Adhyaksa Ende.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

optika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

OPTIKA adalah jurnal yang mengkomunikasikan kemajuan ilmiah di bidang pendidikan fisika dan ilmu fisika. OPTIKA juga melaporkan temuan baru yang signifikan terkait dengan pendidikan sains (IPA) pada tingkat dasar dan menengah, termasuk: pengembangan media pembelajaran, pengembangan metode ...