Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning berbasis inkuiri pada materi pengukuran terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Swasta Adhyaksa Ende semester 1 tahun pelajaran 2022/2023. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan desain penelitiaan one shot case study. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMA Swasta Adhyaksa Ende, dan sampel penelitian berjumlah 20 orang yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dari sampel penelitian berupa penilaian kognitif hasil belajar materi pengukuran. Analisis data dilakukan dengan uji t. Hasil dari penelitian ini diambil melalui post-test, dimana dari hasil analisis data diperoleh thitung > ttabel atau 6,496 > 2,093 pada taraf signifikan 0,05 dan derajat kebebasan 19. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning berbasis inkuiri terhadap hasil belajar fisika pada materi pengukuran siswa kelas X semester 1 SMA Swasta Adhyaksa Ende.
Copyrights © 2022