Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara
Vol 14 No 2 (2023): Transformasi Pendidikan untuk Penguatan Profesi

Evaluasi Manajemen Penerimaan Siswa Baru Berbasis Online pada MTsN 11 Agam

Edi Warmanto (IAIN Bukittinggi)
M. Arif (IAIN Bukittinggi)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi proses pelaksanaan manajemen penerimaan siswa baru secara online pada MTsN 11 Agam tentang apakah berjalan dengan lancar atau ada kendala yang ditemukan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Semenjak wabah Covid melanda, proses pelaksanaan penerimaan siswa baru pada MTsN 11 Agam yang sebelumnya dilakukan secara manual (offline) beralih menjadi online. Proses penerimaan siswa baru secara online ini sudah dilaksanakan selama dua tahun, yaitu tahun pelajaran 2020/2021 dan 2021/2022. Karena proses penerimaan siswa baru secara online ini sudah diterapkan selama dua tahun, maka sudah selayaknya ada evaluasi. Berdasarkan hasil penelitian, penerimaan siswa baru secara online berjalan dengan baik dan lancar. Mulai dari pembentukan panitia, pembuatan dan penyebaran brosur, pendaftaran, seleksi dan pendaftaran ulang. Namun masih terdapat beberapa kendala, yaitu: (1) informasi yang disebar melalui media sosial tidak menyentuh seluruh calon siswa, terutama mereka yang tidak memiliki android, (2) masih ada beberapa calon siswa yang akan mendaftar yang tidak paham cara melakukan pendaftaran online, (3) calon siswa baru yang tempat tinggal di pedalaman kesulitan melakukan pendaftaran dikarenakan terkendala jaringan internet.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state of the art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new ...