JPAP (Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan)
Vol. 7 No. 1 (2023)

Pengaruh Kelompok Kerja Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah

Mardan Mardan (Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram, Indonesia)
Hamidsyukrie ZM (Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram, Indonesia)
Asrin Asrin (Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Mataram, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Mar 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kegiatan Kelompok Kerja Guru terhadap kinerja guru Sekolah Dasar di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah. Populasi penelitian ini adalah guru SD di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah yang berjumlah 101 orang guru dan sekaligus sebagai sampel penelitian. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji prasyarat serta uji hipotesis yang meliputi analisis regresi linier untuk mengetahui pengaruh kegiatan kelompok kerja guru terhadap kinerja guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kegiatan KKG berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru SD di Kecamatan Pujut Kabupaten Lombok Tengah sebesar 51,1% dengan p = 0,001. Artinya, semakin meningkat kegiatan KKG, maka kinerja guru akan semakin meningkat.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpap

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Praktisi Administrasi Pendidikan (JPAP) adalah jurnal ilmiah yang dikelola oleh Program Studi Magister Administrasi Pendidikan dan diterbitkan oleh Pascasarjana Universitas Mataram. Jurnal ini bertujuan untuk mewadahi artikel-artikel hasil penelitian dibidang Administrasi Pendidikan. Pada ...