Jendela Pendidikan
Vol 12 No 1 (2022): Jendela Pendidikan

Kooperatif dan konflik dalam pendidikan berlandaskan agama, filsafat, Psikologi dan Sosiologi

Agung Hardianto Wibowo (Pascasarjana Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Nusantara, Bandung)
Dewi Umronih Yusuf (Pascasarjana Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia)
Faiz Karim fatkhullah (Pascasarjana Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia)
Achmad saefutridjal (Pascasarjana Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Nusantara, Bandung, Indonesia)



Article Info

Publish Date
27 Dec 2022

Abstract

Mencerdaskan kehidupan bangsa adalah amanah kemerdekaan yang perlu diperjuangkan bersama oleh segenap lapisan masyarakat. Pencapaian amanah ini akan semakin efektif dan efisien jika para stakeholder, pemegang kepentingan dalam pendidikan dapat memahami bagaimana kerjasama dan konflik yang terjadi di dalamnya dengan baik. Pemahaman yang baik ini perlu mendapat dasar yang kuat dari perspektif agama, filsafat, psikologi dan sosiologi. Agama akan memberikan perspektif KeTuhanan, yang menjadi sumber bagaimana kehidupan ini seharusnya ditata. Filsafat sebagai hasil akal pikiran dan budaya manusia menjadi sudut pandang yang akan ikut membangun peradaban manusia. Psikologi menjadi ilmu yang berkontribusi untuk memahami bagaimana manusia itu berpikir, merasakan, berujar serta bertindak, dan sosiologi merupakan sudut pandang interaksi antar manusia sebagai pedoman yang akan menjadi alat ukur intensitas serta kualitas hubungan yang terjadi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JendelaPendidikan

Publisher

Subject

Education Other

Description

Naskah berisi bahasan teori ,artikel, atau hasil penelitian yang berhubungan dengan kajian humaniora, sains, dan pengajaran atau ...