Sistem pembelajaran online gadget yang membosankan siswa dalam jangka panjang justru dapat disalahgunakan siswa dan berujung pada kecanduan gadget. Ketergantungan pada perangkat yang terus-menerus digunakan dapat mempersulit pengelolaan waktu dan interaksi dengan orang lain. Kecanduan gadget dapat merugikan apabila penggunaan secara berulang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor, pengaruh dan intensitas penggunaan gadget pada siswa. Dalam penelitian ini pengambilan informasi menggunakan metode kualitatif dengan teknik mengambilan data subjek secara acak. Hasil yang diperoleh dari kedua subjek mengalami ketergantungan gadget dengan durasi intensitas tinggi 120 menit /hari dan penggunaan 75 menit atau lebih. Misalnya penggunaan intensitas tinggi dapat menyebabkan efek samping sebagai berikut kesulitan fungsi dalam sehari-hari, pola tidur yang terganggu, bahkan kurang istirahat membuat tubuh lelah dan menurun kualitas aktivitas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022