Kompetensi
Vol 15 No 1 (2022): Kompetensi

STRATEGI PEMBELAJARAN DARING

Nurliani Maulida (Universitas Balikpapan)
Prita Indriawati (Universitas Balikpapan)



Article Info

Publish Date
24 Jun 2022

Abstract

Strategi pembelajaran adalah kegiatan yang dipilih selama proses pembelajaran yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diberikan. Pada pembelajaran secara online atau daring, pembelajaran dilakukan tanpa melakukan tatap muka, namun menggunakan platform yang telah tersedia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru terhadap strategi pembelajaran yang dilakukan, kendala yang dihadapi serta solusi yang dilakukan oleh guru dalam menghadapi kendala tersebut pada saat pembelajaran daring. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 3 Balikpapan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan strategi pembelajaran daring yang digunakan berjalan dengan sangat baik menggunakan platform aplikasi Microsoft Teams. Pencapaian strategi pembelajaran cukup berhasil karena dari segi kesiapan alat pendukung, penyampaian materi, penggunaan media pembelajaran sampai evaluasi dapat berjalan sesuai dengan perencanaan sekolah. Dibutuhkan tindak lanjut pelatihan terkait peningkatan inovasi pembelajaran bagi guru dan peningkatan peran serta orang tua dalam mendukung pembelajaran di sekolah. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-kompetensi

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences Other

Description

Kompetensi terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah hasil penelitian maupun kajian pustaka dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi, sains dan humaniora. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. P-ISSN : 2087-0485 dan E-ISSN : ...