Kompetensi
Vol 15 No 2 (2022): Kompetensi

PENGEMBANGAN BUKU SAKU DIGITAL BERBASIS MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN IPA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA SISWA KELAS V TAHUN AJARAN 2022/2023

Ira Lutvi Akhlakul Karimah (Universitas Mulawaran)
Hety Diana Septika (Universitas Mulawarman)
Tri Wahyuningsih (Universitas Mulawarman)
Yudo Dwiyono (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validasi dan kelayakan Buku Saku Digital Berbasis Mind mapping dalam Pembelajaran IPA Materi Kalor dan Perpindahannya Siswa Kelas V Tahun Ajaran 2022/2023. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development yang diadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall yang meliputi 7 tahap yaitu: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi, 5) revisi desain, 6) uji coba kelayakan terbatas, dan 7) revisi produk. Dari hasil uji kevalidan oleh ahli materi, media, dan bahasa buku saku digital berbasis mind mapping mendapat interval kevalidan 0,881 dengan kategori sangat valid. Uji coba kelayakan terbatas pada siswa mendapat persentase respon sebesar 77% dan masuk kategori layak, sedangkan pada guru memperoleh respon 98% dan masuk kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji kevalidan dan kelayakan maka dapat disimpulkan bahwa buku saku digital berbasis mind mapping sangat valid dan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA materi kalor dan perpindahannya untuk siswa Kelas V Tahun Ajar 2022/2023.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-kompetensi

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences Other

Description

Kompetensi terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah hasil penelitian maupun kajian pustaka dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi, sains dan humaniora. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. P-ISSN : 2087-0485 dan E-ISSN : ...