Kompetensi
Vol 15 No 2 (2022): Kompetensi

Hasil Belajar Matematika Siswa Antara Yang Mengikuti Pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Kontekstual

Suci Yuniarti (Universitas Balikpapan)
Friska Chintia Kemiliani (Universitas Balikpapan)
Diah Ayu Ananda (Universitas Balikpapan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika antara siswa yang mengikuti pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran kontekstual pada materi transformasi geometri berbeda atau tidak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sebanyak 67 siswa yang terdiri dari dua kelas menjadi sampel dalam penelitian ini melalui cluster random sampling dengan populasi sebanyak 134 siswa kelas XI IPS. Uji Mann-Whitney U digunakan untuk menganalisis data yang didapat dari dokumentasi hasil penilaian siswa. Hasil uji hipotesis  menunjukkan nilai Asymp. Sig. yang lebih besar dari 0,05 yaitu sebesar 0,778. Dari nilai Asymp.Sig. tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika antara siswa yang diajar dengan pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran kontekstual pada materi transformasi geometri tidak berbeda secara signifikan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-kompetensi

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences Other

Description

Kompetensi terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah hasil penelitian maupun kajian pustaka dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi, sains dan humaniora. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. P-ISSN : 2087-0485 dan E-ISSN : ...