Abstrak. Salah satu faktor kunci untuk mempertahankan kinerja perusahaan bagi perusahaan mana pun adalah mempertahankan loyalitas dan retensi karyawan yang terampil dan berpengalaman. Oleh karena itu, mengungkapkan dari sisi faktor positif dan negatif yang mempengaruhi loyalitas karyawan dan mengambil tindakan untuk perbaikan lebih lanjut telah menjadi aspek penting bagi perusahaan. Makalah ini dibuat bertujuan untuk meneliti bagaimana kepuasan karyawan berdampak pada loyalitas karyawan serta kinerja perusahaan perusahaan berdasarkan kasus dibeberapa perusahaan. Survei sampel melibatkan 50 karyawan dari 3 Perusahaan. Hasil survei menunjukkan bahwa loyalitas karyawan dapat dipertahankan melalui peningkatan kepuasan karyawan. Dalam penelitian ini kepuasan karyawan dianggap sebagai variabel independen dan sebagai faktor penengah melayani loyalitas karyawan dan kinerja perusahaan dianggap sebagai variabel dependen. Oleh karena itu, uji reliabilitas, korelasi dan analisis regresi telah dilakukan untuk membuktikan hipotesis kami tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karyawan yang puas cenderung loyal dan berkomitmen pada perusahaan serta berkontribusi positif terhadap kinerja perusahaan.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023