Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa SMP Negeri 1 Sape melaui penerapan portofolio based leraning. Penelitian adalah Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model MC Taggart yang memiliki empat tahapan: Perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak 24 orang siswa. Instrumen pengumpulan terdiri dari soal tes dan lembar observasi guru dan siswa. Hasil penelitian mengenai data hasil belajar IPS terpadu (kognitif) siswa, pada siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 72,92 dan persentase ketuntasan belajarnya yaitu 38%, artinya diperbaiki pada siklus kedua. Pada siklus II, rata-rata nilai siswa yaitu 81,25 dengan presentase 96%, berada di atas nilai 75. Kesimpulannya bahwa penerapan portofolio based learning dapat ampu meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa.
Copyrights © 2023