Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Vol 6 No 1 (2023): Jurnal PenKomi: Kajian Pendidikan dan Ekonomi

PENERAPAN PORTOFOLIO BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS TERPADU SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Ahmad Yani (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa SMP Negeri 1 Sape melaui penerapan portofolio based leraning. Penelitian adalah Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model MC Taggart yang memiliki empat tahapan: Perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak 24 orang siswa. Instrumen pengumpulan terdiri dari soal tes dan lembar observasi guru dan siswa. Hasil penelitian mengenai data hasil belajar IPS terpadu (kognitif) siswa, pada siklus I dengan nilai rata-rata yaitu 72,92 dan persentase ketuntasan belajarnya yaitu 38%, artinya diperbaiki pada siklus kedua. Pada siklus II, rata-rata nilai siswa yaitu 81,25 dengan presentase 96%, berada di atas nilai 75. Kesimpulannya bahwa penerapan portofolio based learning dapat ampu meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan dan EKonomi (PenKoMi) merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Bima. Jurnal PenKoMi memuat artikel hasil penelitian dan hasil pemikiran di bidang pendidikan dan ekonomi, berisikan laporan hasil penelitian, hasil gagasan konseptual, dan critical review di bidang ...