Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan pendekatan pembelajaran inovatif dengan motode diskusi kelompok pada siswa kelas XII Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKK) siswa SMK Negeri 1 Kota Bima. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research). Adapun yang menjadi objek tindakan adalah penerapan pendekatan pembelajaran inovatif melalui metode diskusi kelompok pada mata pelajaran PKK. PTK ini dirancang dalam tiga siklus, dimana setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif dilakukan dengan cara melihat tingkat keaktifan siswa melalui pengamatan langsung sesuai kriteria yang telah ditentukan, sedangkan analisis kuantitatif dilakukan dengan cara menghitung nilai rata ketuntasan belajar siswa, baik ketuntasan secara individual maupun ketuntasan kaliskal. Adapun indikator keberhasil tindakan yakni 85% siswa memperoleh hasil belajar melampaui Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) mata pelajaran atau memperoleh nilai 75. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan pembelajaran inovatif dengan metode dikusi kelompok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XII Mata Pelajaran PKK pada siswa SMK Negeri 1 Kota Bima Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil tersebut dapat dilihat dari persentase ketuntasan belajar siswa, dimana pada siklus I nilai rata-rata dari 23 orang siswa adalah sebesar 77, 56 (62,16%) dan pada siklus II meningkat menjadi 82,16 (97,30%).
Copyrights © 2023