Jurnal Penkomi : Kajian Pendidikan dan Ekonomi
Vol 6 No 1 (2023): Jurnal PenKomi: Kajian Pendidikan dan Ekonomi

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF DENGAN METODE OPEN-ENDED

Zainuddin Mukhsin (STKIP Bima)
Wahyuni Wahyuni (STKIP Bima)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran inovatif dengan metode open ended pada siswa kelas XI Mata Pelajaran Ekonomi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. yang dilakukan dalam dua siklus, dimana setiap siklus meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Palibelo Tahun Pelajaran 2021/2022. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar tes, lembar observasi dan pencatatan dokumentasi. Analisis kualitatif dilakukan dengan cara melihat tingkat keaktifan siswa melalui pengamatan langsung sesuai kriteria yang telah ditentukan, sedangkan analisis kuantitatif dilakukan dengan cara menghitung nilai rata ketuntasan belajar siswa, baik ketuntasan secara individual maupun ketuntasan kaliskal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inovatif dengan metode open ended dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi pokok bahasan konsep ilmu ekonomi pada siswa kelas XI IPS-2 SMA Negeri 1 Palibelo Tahun Pelajaran 2021/2022.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

PK

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan dan EKonomi (PenKoMi) merupakan Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP Bima. Jurnal PenKoMi memuat artikel hasil penelitian dan hasil pemikiran di bidang pendidikan dan ekonomi, berisikan laporan hasil penelitian, hasil gagasan konseptual, dan critical review di bidang ...