Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (JIPMI)
Vol 5 No 1: Februari (2023)

PEMBERIAN PENILAIAN SIKAP PESERTA DIDIK PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS V

Hasman Hasman (Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas IslamNegeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Safei Safei (PEMBERIAN PENILAIAN SIKAP PESERTA DIDIK PADA PROSES PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) KELAS V)
Muh. Anwar (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)
Fajri Basam (Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Indonesia)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pemberian penilaian sikap peserta didik pada proses pembelajaran PAI kelas V di MIN 2 Buton yang bertujuan untuk mendapatkan informasimengenai pelaksanaan pemberian penilaian sikap peserta didik dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam yang dilakukan guru di dalam kelas maupun di luar kelas. Jenispenelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru wali kelas V dan 4 guru mata pelajaran. Instrumen yang di gunakan adalahpanduan observasi, panduan wawancara dan panduan dokumentasi yang berupa dokumen pendukung bahan skripsi seperti foto, data sekolah lainnya. Adapun analisis data yangdigunakan berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan guru dalam melakukan penilaian sikap ada 2 yaitu penilaian sikap di dalam kelas, guru menilai dengan melihat proses pembelajaran dalam hal presentasi pada proses pembelajaran, sikap peserta didik terhadap guru seperti mengucapkan salam , mengaplikasikan nilai-nilai pembelajaran PAI di sekolah, adapun di luar kelas guru menilai dengan cara mengamati peserta didik dan menanya orang tua peserta didik dan teman sejawat dengan itu guru bisa memahami dan menilai sikap peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipmi

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

JIPMI (Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah [e-ISSN 2721-3234] yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universtas Islam Negeri Alauddin Makassar, menerbitkan artikel hasil penelitian di bidang pendidikan matematika, sains, bahasa ...