Kompetensi seorang dokter adalah dapat melakukan anamnesa dan pemeriksaan fisik pasien dengan baik. Salah satu metoda ajar pada proses belajar mengajar di Fakultas Kedokteran adalah skill laboratory. Namun karena masa pandemi, maka dilakukan inovasi dalam proses pembelajaran yaitu dengan metoda video ajar.Mengetahui keefektifan dan kepuasan metoda skill laboratory dengan video ajar. Rancangan penelitian potong lintang dengan pendekatan deskriptif dan data sekunder. Penelitian dilaksanakan selama bulan Mei hingga Juni tahun 2022 yang bertempat di Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia. Kuesioner telah dilakukan uji validasi dan reliabilitas dengan uji korelasi dan Cronhbachâs Alpha. Data survey selanjutnya dilakukan pengolahan dan tabulasi. Analisis perbandingan nilai OSCE antara skill lab dengan video ajar dan tanpa video ajar menggunakan uji Mann-Whitney. Diperoleh bahwa pendapat mahasiswa terhadap kegiatan skill lab dengan metoda video ajar di Fakultas Kedokteran Universitas Pasundan mayoritas merespon dengan sangat setuju yaitu 40,83%, setuju 56,15%, tidak setuju 2,68% dan sangat tidak setuju 0,34%. Nilai OSCE pada grup skill lab menggunakan video ajar memiliki rerata 76,84, sedangkan rerata grup skill lab tanpa video ajar yaitu 92,50. Uji probabilitas didapatkan nilai p= 0,000 (p <0,05). Pelaksanaan skill lab; dengan metoda video ajar secara daring sudah dapat dilaksanakan dengan baik dan efektif serta antusias penuh oleh para mahasiswa.
Copyrights © 2022