Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning berbantuan Media Lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA kelas IV SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design. Populasi pada penelitian adalah seluruh kelas IV SD sebanyak 10 kelas dengan 368 siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Sampel yang terpilih yaitu kelas IV SD sebagai kelas eksperimen sebanyak 46 orang menerapkan model PBL berbantuan media lingkungan dan kelas IV SD sebagai kelas kontrol sebanyak 38 orang Metode pengumpulan data dengan metode tes yaitu tes objektif pilihan ganda biasa. Rata-rata gain skor ternormalisasi siswa yang mengikuti model pembelajaran Problem Based Learning berbantuan media lingkungan yaitu 0,525 dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional yaitu 0,236. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji-t jenis polled varians. Hasil analisis data pada taraf signifikansi 5% (df sama dengan 82 dengan thitungĀ sama dengan 11,049 dan harga ttabel sama dengan 1,989) diperoleh keputusan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kedua kelompok sampel. Simpulan penelitian yaitu terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Learning berbantuan Media Lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas IV SD.
Copyrights © 2022