Jurnal Teknologi Pendidikan ( JTekpend)
Vol. 3 No. 1 (2023): Jtekpend 2023

UPAYA GURU SMPN 6 PALANGKA RAYA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SELAMA COVID – 19 DALAM KURUN WAKTU 2 TAHUN TERAKHIR: Fathul Romdani1) , Krisnayadi Toendaan2) , Ima Pinensi Br Tarigan3)

Fathul Romdani (Universitas Palangka Raya)
Krisnayadi Toendan (Universitas Palangka Raya)
ima pinensi br tarigan (Universitas Palangka Raya)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan guru SMPN 6Palangka Raya dalam meningkatkan hasil belajar siswa selama kurun waktu 2 tahun terakhir.Menurut hasil observasi yang telah saya lakukan di SMPN 6 Palangka Raya, kegiatan prosesbelajar mengajar di SMPN 6 Palangka Raya sudah berupaya penuh dalam masa pandemi,sekolah tetap memperhatikan pembelajaran siswa. Sekolah mengadakan kegiatanpembelajaran secara daring. Pelaksanaan pembelajaran secara daring guru menggunakanmedia google classroom. Upaya ini untuk menjaga keberlangsungan pembelajaran.Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan padabulan September – Oktober 2022 dimulai dari melakukan observasi sampai melakukanwawancara kepada sumber data yang terpilih. Sumber data yang terdapat dalam penelitian iniadalah perwakilan 5 guru SMPN 6 Palangka Raya yang merupkan guru mata pelajaran yangberbeda dari 54 guru yang terdapat di SMPN 6 Palangka Raya. Teknik pengumpulan datadilakukan dengan melakukan observasi sebelum melakukan penelitian, kemudian dilakukanwawancara kepada 5 perwakilan guru yang menjadi sumber datapenelitian, dan setelah itudilakukanlah dokumentasi untuk memperkuat hasil penelitian.Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah berupaya semaksimal mungkindalam meningkatkan hasil belajar siswa. Mulai dari menggunakan metode pembelajaran yangberagam dan terus memotivasi siswa, namun masih ada saja hasil belajar siswa yang tidaksesuai harapan. Guru sudah berupaya semaksimal mungkin dalam meningkatkan hasil belajarsiswa mulai dari pandemi berlangsung hingga terlaksananya pembelajaran tatap muka.Terlihat jelas perbandingan hasil belajar siswa ketika pembelajaran dilaksanakan melaluidaring dan ketika tatap muka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jtekpend

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Jurnal Teknologi Pendidikan (JTekpend) is a journal published by Faculty of Teacher Training and Education, University of Palangka Raya. Published twice a year in the Januari and July. JTekpend has an objective to help researchers publish their work for a wider audience and discover new connections. ...