e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 1, No 1 (2013)

Peningkatan Hasil Belajar Penjumlahan Pecahan Dengan Pendekatan Konstruktivisme di Kelas IV SD

Isnaini Isnaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2013

Abstract

Berdasarkan pengalaman peneliti di SD Negeri 12 Kinali, guru kelas IV dalam mengajarkan Matematika masih bersifat konvensional, sehingga siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran, dan hasil belajar rendah.. Pendekatan konstruktivisme ini adalah suatu pendekatan dalam pembelajaran yang tidak hanya memberikan pengetahuan kepada siswa tapi juga membangun pengetahuannya sendiri. Langkah-langkah pembelajaran konstruktivisme, Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk perencanaan, bentuk pelaksanaan dan hasil belajar siswa Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research), dan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus,  Hasil siklus I pada perencanaan diperoleh hasil 72%, aspek guru 73%, aspek siswa 66%, hasil tes rata-rata 65,6. Siklus II perencanaan 89%, aspek guru 91%, aspek siswa 86%, hasil tes siswa meningkat menjadi 77,1. Maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme dapat meningkatkan hasil belajar siswa.   Kata Kunci : hasil belajar, pecahan dan konstrutivisme

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

The e-Jurnal of Elementary School Learning Innovation (e-JIPSD) is a vehicle for scientific publications originating from research and conceptual studies of lecturers, experts, education practitioners, teachers, and students who have a deep concern for progress and development as well as learning ...