e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 6, No 1 (2018): (Januari-April) e-JIPSD

Pengaruh Model PjBL terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Bangun Datar Sederhana Siswa Kelas IV SD Kecamatan Padang Utara

Juniawan, Rekho Panca (Unknown)
Zainil, Melva (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2018

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk membuktikan  adanya pengaruh positif dari Penggunaan Model PjBL Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika di SD Gugus IV. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SD yang berada di Gugus IV Kecamatan Padang Utara. Dengan teknik Cluster Random Sampling diperoleh SD Angkasa I Lanud Padang kelas IV dan SD Angkasa II Lanud Padang  kelas IV. Instrumen penelitian ini berupa tes tertulis berbentuk essai. Teknik analisis data yang digunakan adalah t-test.Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan uji t, bahwa t hitung sebesar 2,003 dan t tabel sebesar 1,682 dengan t hitung lebih besar dari t tabel ( 2,003>1,168), maka dapat dikatakan bahwa H0 diterima atau Ha ditolak. Hal tersebut membuktikan adanya pengaruh positif dari penerapan model Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi bangun datar sederhana.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

The e-Jurnal of Elementary School Learning Innovation (e-JIPSD) is a vehicle for scientific publications originating from research and conceptual studies of lecturers, experts, education practitioners, teachers, and students who have a deep concern for progress and development as well as learning ...