Masyarakat menjadi lebih selektif dalam memilih produk pangan yang akan dikonsumsinya karena muncul kesadaran akan bahaya kandungan zat kimia. Hal ini menyebabkan permintaan terrhadap produk pangan organik semakin meningkat, salah satunya adalah ayam organik. Namun, pemasaran produk ayam organik masih mengalami kendala terkait harga yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik konsumen, menganalisis nilai kesediaan membayar dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi kesediaan membayar ayam organik. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, Contingent Valuation Method (CVM) dan regresi linear berganda. Penelitian ini dilaksanakan disetiap reseller penjualan ayam organik mentah produksi UD. Rahayu AK di Kota Pekanbaru dari bulan Agustus 2021 hingga Agustus 2022. Sampel diambil secara purposive sampling. Hasil penelitian ini menujukkan Konsumen ayam organik mentah produksi UD. Rahayu AK rata rata berusia 44 tahun, berjenis kelamin perempuan, sudah menikah, jenis rumah tangga keluarga dengan jumlah anggota keluarga tergolong kecil, beragama Islam, bersuku Minang, warga Indonesia keturunan pribumi, berdomisili di Kota pekanbaru, telah menempuh pendidikan tinggi, memiliki pendapatan per bulan diatas Rp 3.500.000,- dan bekerja sebagai wiraswasta. Konsumen yang bersedia membayar lebih untuk ayam organik mentah sebanyak 90,24% konsumen dengan nilai rata-rata WTP berkisar 10% lebih tinggi dari harga saat ini. Faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi nilai kesediaan membayar ayam organik mentah produksi UD. Rahayu AK adalah pendapatan, pendidikan dan alasan membeli ayam organik. Kata Kunci: Ayam Organik Mentah, Karakteristik Konsumen, Kesediaan Membayar
Copyrights © 2023