Saintifik : Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya
Vol 9 No 1 (2023): Saintifik: Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya

Pengembangan Instrumen Asesmen sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Abad 21

Nur Amaliah (Universitas Sulawesi Barat)
Tri Maniarta Sari (Universitas Sembilan Belas November)
Gaby Maulida Nurdin (Universitas Sulawesi Barat)
Mustaqim Mustaqim (STAI Al Munawwah Tolitoli)
Aswal Salewangeng (Universitas Khairun)
Muh Nur Akbar (Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Pembelajaran abad 21 dicirikan oleh keterampilan dan kompetensi yang dapat ditransfer ke peserta didik. Tingginya tingkat keragaman dan kompleksitas keterampilan abad 21 menjadi pertimbangan untuk menerapkan instrumen asesmen yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrument asesmen otentik yang mampu menfasilitasi keterampilan abad 21, seperti critical thinking, collaborative dan problem solving. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yaitu analyze (analisis), design (perancangan), develop (pengembangan), implement (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Biologi FKIP Univ Sulawesi Barat Angkatan 2019 semester V kelas C dan D. Hasil penelitian diketahui jika instrumen yang dikembangkan layak digunakan sesuai dengan kriteria valid, praktis dan efektif.

Copyrights © 2023