MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 5, No 1 (2023): MATHEMA

Penggunaan Gamifikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa

Muhammad Puji Ariyanto (Universitas Muria Kudus)
Zulfikar Rafi Nurcahyandi (Universitas Muria Kudus)
Sadana Aura Diva (Universitas Muria Kudus)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Di era sekarang banyak anak yang memainkan game online. Hal tersebut bisa dijadikan peluang oleh guru sebagai media belajar pendukung dalam pembelajaran matematika saat ini. Dengan demikian, tujuan dari penulisan artikel ini yakni memberikan sumbangsih pemikiran mengenai inovasi pembelajaran berbasis gamifikasi sehingga dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa, terutama pada mata pelajaran matematika. Artikel ini menggunakan metode studi literasi. Berdasarkan kajian literasi dari berbagai sumber, diperoleh hasil diperlukan adanya sebuah inovasi, yakni dengan memanfaatkan gamifikasi dalam proses penilaian pembelajaran matematika. Dalam artikel ini akan dijabarkan cara membuat media penilaian pembelajaran matematika dengan gamifikasi melalui platform Wordwall. Cara ini digunakan untuk memberikan sumbangsih pemikiran kepada guru dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa agar pembelajaran matematika tidak membosankan. Selain itu, penggunaan gamifikasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif, karena selain belajar, mereka juga bisa bermain game. Hal ini dapat mendorong sikap ingin tahu mereka ketika belum bisa menyelesaikan suatu game dan cenderung tertarik untuk selalu mencoba game tersebut. Sifat ingin tahu akan suatu hal yang baru inilah yang akan mengubah minat belajar mereka, sehingga hasil belajar mereka juga akan semakin meningkat. Dengan metode pembelajaran yang demikian diharapkan meningkatkan prestasi matematika siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalmathema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN: 2686-5823) is a single peer-reviewed journal published in Indonesia by the Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development ...