Di era sekarang banyak anak yang memainkan game online. Hal tersebut bisa dijadikan peluang oleh guru sebagai media belajar pendukung dalam pembelajaran matematika saat ini. Dengan demikian, tujuan dari penulisan artikel ini yakni memberikan sumbangsih pemikiran mengenai inovasi pembelajaran berbasis gamifikasi sehingga dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa, terutama pada mata pelajaran matematika. Artikel ini menggunakan metode studi literasi. Berdasarkan kajian literasi dari berbagai sumber, diperoleh hasil diperlukan adanya sebuah inovasi, yakni dengan memanfaatkan gamifikasi dalam proses penilaian pembelajaran matematika. Dalam artikel ini akan dijabarkan cara membuat media penilaian pembelajaran matematika dengan gamifikasi melalui platform Wordwall. Cara ini digunakan untuk memberikan sumbangsih pemikiran kepada guru dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa agar pembelajaran matematika tidak membosankan. Selain itu, penggunaan gamifikasi ini diharapkan dapat memberikan dampak positif, karena selain belajar, mereka juga bisa bermain game. Hal ini dapat mendorong sikap ingin tahu mereka ketika belum bisa menyelesaikan suatu game dan cenderung tertarik untuk selalu mencoba game tersebut. Sifat ingin tahu akan suatu hal yang baru inilah yang akan mengubah minat belajar mereka, sehingga hasil belajar mereka juga akan semakin meningkat. Dengan metode pembelajaran yang demikian diharapkan meningkatkan prestasi matematika siswa.
Copyrights © 2023