Untuk mewujudkan dan mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan pada visi dan misi sebuah lembaga pendidikan, serta untuk menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan pada lembaga pendidikan tersebut perlu adanya standar mutu dan sasaran mutu yang diimplementasi dengan baik. Tanpa adanya standar mutu dan sasaran mutu yang baik, maka lembaga pendidikan tersebut akan kehilangan arah tanpa pedoman dalam mewujudkan lembaga pendidikan yang bermutu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep implementasi standar mutu dan sasaran mutu pada lembaga pendidikan. Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kajian kepustakaan. Standar mutu adalah sesuatu yang menjadi tolok ukur kinerja dan kualitas sebuah lembaga pendidikan yang meliputi input, proses, out put, out come yang dimiliki oleh sebuah lembaga pendidikan. Sedangkan sasaran mutu adalah sesuatu yang ingin dicapai dan diwujudkan oleh sebuah lembaga pendidikan melalui seluruh proses yang dilakukan. Konsep standar mutu dan sasaran mutu harus menggunakan pendekatan SMART, yaitu: Specific (spesifik), Measurable (terukur), Achievable (dapat dicapai), Relevant (relevan), dan Time Bound (ada batas waktu).
Copyrights © 2023