Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan media komik berbasis budaya dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa di MTS Al-Husna kota depok pada materi statistika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian yaitu Pre-Experimental-Designs dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTS Al-Husna Kota Depok. Instrumen yang digunakanaadalah instrumen tes hasil belajar. Hasil analisis data dilihat dari tingkat efektifitas menggunakan rumus uji N-Gain Score dengan nilai rata-rata mencapai 0,76 dengan kriteria tinggi. Kemudian dilanjutkan dengan uji pengaruh menggunakan rumus Paired Sample T-Test dengan hasil nilai -32,46489 yang berdasarkan hipotesis penelitian bahwa terdapat perbedaan rata-rata skor hasil belajar sebelum dan sesudah siswa belajar menggunaan media komik berbasis budaya. Hasil penelitian pada siswa kelas VIII MTS Al-Husna kota Depok menunjukan bahwa penggunaan media komik berbasis budaya sangat efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika.
Copyrights © 2023