Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 6, No 1: Januari 2023

PENGARUH PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SUBTEMA KEUNIKAN DAERAH TEMPAT TINGGALKU

Fitriah Mujahidah Mujahidah (UNIVERSITAS PAKUAN)
Wawan Syahiril Anwar (UNIVERSITAS PAKUAN)
Resyi Abdul Gani (Universitas Pakuan)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2023

Abstract

Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning dengan Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku. Penelitian dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen kuasi desain du akelas. Tujuan penelitian yakni mampu mengetahui apakah terdapat pengaruh hasil belajar subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku kelas IV dengan menggunakan model Problem Based Learning dengan Media Audio Visual pada kelas ekperimen yakni kelas IV A dan penerapan model konvensional terhadap kelas kontrol yakni kelas IV B. Subjek berjumlah 73 peserta didik. Waktu pelaksanaan di lakukan pada semester genap tahun pelajaran 2021/2022. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas, uji homogenitas, kemudian uji hipotesis menggunakan uji t. Hasil peneilitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan yaitu terdapat pada nilai N-Gain dan ketuntasan hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 74 termasuk ke dalam kriteria tinggi dengan ketuntasan hasil belajar yaitu 90%, lalu dipeoleh nilai rata-rata N-Gain kelompok kelas kontrol yaitu 64 termasuk ke dalam kriteria sedang dengan nilai ketuntasan hasil belajar 77%. Uji hipotesis menyatakan H0 ditolak serta Ha (Hipotesis alternatif) diterima karena dengan nilai thitung (80,2568) > ttabel (2,00030) dengan dk 72 dan taraf signifikan 0,05 (5%). Berdasarkan hasil penelitian, dapat ditarik kesimpulan adanya perbedaan dalam penerapan model Problem Based Learning dengan Media Audio Visual terhadap hasil belajar subtema Keunikan Daerah Tempat Tinggalku.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...