Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5e dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas di SMP Kristen Payeti. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan deskriptif kuantitatif. Menggunakan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari beberapa tahapan antara lain: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII B berjumlah 30 orang. Teknik dan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan lembar tes, rubrik penilaian ketrampilan kinerja. Pengukuran hasil belajar difokuskan pada ranah kognitif dan psikomotorik. Hasil belajar peserta didik prasiklus menunjukkan skor rata-rata 60,6. Peserta didik yang tuntas berjumlah 5 orang dengan persentase 17,2% sedangkan yang tidak tuntas berjumlah 25 orang dengan persentase 82,7%. Hasil siklus I menunjukkan hasil rata-rata 69,5. Peserta didik yang tuntas berjumlah 16 orang dengan persentase 55,1% sedangkan tidak tuntas berjumlah 13 orang dengan persentase 44,8%. Sedangkan hasil peserta didik pada siklus II menunjukkan skor rata-rata 79,6. Peserta didik yang tuntas berjumlah 26 orang dengan persentase 86,2% sedangkan tidak tuntas berjumlah 4 orang dengan persentase 13,7%. Dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 5e dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII B di SMP Kristen Payeti.
Copyrights © 2023