Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Paberiwai. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan penerapan metode pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam kegiatan pra siklus, siklus I dan siklus II yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 22 orang. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Ranah hasil belajar difokuskan pada ranah kognitif dan psikomotorik. Teknik pengumpulan data ranah kognitif menggunakan tes, sedangkan ranah psikomotorik menggunakan rubrik penilaian kinerja. Hasil penelitian menunjukan penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Paberiwai. Peningkatan ranah kognitif siswa yang tuntas, pada tahap prasiklus mencapai 41%, siklus I mencapai 68% dan siklus II menjadi 91%. Sedangkan pada ranah psikomotor pada siklus I mencapai 63% dan siklus II mencapai 77%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Paberiwai pada materi sistem pencernaan pada manusia.
Copyrights © 2023