Mobile banking adalah fasilitas yang memungkinkan nasabah melakukan transaksi online. Fasilitas online ini hanya dapat digunakan di smartphone. Melalui smartphone nasabah dapat mengakses layanan keuangan sepserti transfer, mengecek saldo, pembukaan rekening, pembayaran tagihan,TOP UP dan perubahan PIN. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Efficiency, Fullfilment, Reliability, Privacy, Responsiveness terhadap kepuasan nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) Cabang Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausalitas. Populasi dalam penelitian ini yaitu nasabah Bank Syariah Indonesia (BSI) yang menggunakan aplikasi mobile banking lebih dari 5 kalli dalam bertransaksi. Sampel yang digunakan sebanyak 126 responden. Data dikumpulkan melalui kuisioner. Variabel Alat analisis menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa Efficiency tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan aplikasi BSI Mobile, Reliability tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan menggunakan aplikasi BSI Mobile, Fullfilment berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan menggunakan aplikasi BSI Mobile, Privacy berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan menggunakan aplikasi BSI Mobile. Hasil temuan ini berarti semakin baik Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam meningkatkan keamanan untuk pengguna mobile banking agar nasabah memiliki rasa aman dan nyaman ketika melakukan transaksi maka dengan cara itu akan semakin tinggi pula tingkat kepuasan nasabah di mobile banking Bank Syariah Indonesia (BSI). Responsiveness berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan menggunakan aplikasi BSI Mobile.
Copyrights © 2023