Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara optimismedengan prestasi akademik, hubungan antara penyesuaian diri dengan prestasiakademik, dan apakah optimisme dan penyesuaian diri dapat memprediksiprestasi akademik pada mahasiswa disabilitas di Kota Malang. Penelitian inimenggunakan pendekatan kuantitatif asosiatif dengan desain korelasionalkepada 50 orang mahasiswa disabilitas yang dipilih dengan metode purposivesampling. Tiga kesimpulan berdasarkan analisis data, yaitu: ada hubunganantara optimisme dengan prestasi akademik dengan hasil uji t-parsial sebesar1,724 dan p-value kurang dari 0,01; ada hubungan antara penyesuaian diridengan prestasi akademik dengan hasil uji t-parsial sebesar 1,819 dan p-valuekurang dari 0,01; serta ada hubungan antara optimisme dan penyesuaian diridengan prestasi akademik pada mahasiswa disabilitas di Kota Malang dengannilai R2 sama dengan 0,313 dan p-value kurang dari 0,01. Hasil inimenunjukkan bahwa prestasi akademik mahasiswa disabilitas sebesar 31%diprediksi oleh kemampuan optimisme dan penyesuaian diri. Implikasi daripenelitian ini dapat digunakan oleh pengambil kebijakan dan praktisi dalamupaya meningkatkan prestasi akademik mahasiswa disabilitas.
Copyrights © 2022