Latar belakang terangkatnya penelitian ini karena keberhasilan PAUD IT ini dalam mengajarkan pembelajaran baca Al-Qur’an. Hal ini disebabkan adanya pemilihan metode baca Qur’an yang dianggap tepat. Metode dalam pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dan sangat menentukan berhasil tidaknya proses belajar.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Metode Qiraa’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an di PAUD IT tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang berjenis kualitatif yang bersifat deskriftif. Subjek penelitian berasal dari data primer dan data skunder. Data primer berasal dari Kepala Sekolah dan Guru Kelas dan sumber data skunder berasal dari dokumentasi PAUD IT. Tehnik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi dan dukomentasi. Analisis data mengunakan data kualitatif melalui aktivitas reduksi data penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian perencanaan Implementasi metode Qira’ati dalam pembelajaran baca Al-Qur’an pada anak usia 5-6 tahun di PAUD IT ini, Proses pembelajaran mengunakan model tema yang didalam satu hari ada beberapa pembelajaran salah satunya adalah pembelajaran baca Al-Qur’an mengunakan metode Qira’ati. Pelaksanaan metode Qira’ati dalam pembelajran baca Al-Qur’an dilakukan 3 kali dalam seminggu dengan jumlah 14 pendidik yang diteliti, pembelajaran awal pendidik mengucap salam dan dijawab oleh peserta didik, pendidik mencontohkan pokok pembelajaran. Kegiatan inti membaca Ta’audz dan Basmalah, mengaji secara Klasikal, Individual dengan kartu peraga kecil, besar kemudian mengaji individual mengunakan buku jilid. Kegiatan akhir Penilaian atau evaluasi kemudian membaca Tasdiq dan do’a sebelum pulang secara bersama-sama.
Copyrights © 2021