Borneo Journal of Primary Educaton
Vol 1 No 2 (2021): Borneo Journal of Primary Education, 1(2), Juni 2021

Implementasi Metode Qira’ati dalam Pembelajaran Baca Al- Qur’an di PAUD IT Griya Auladi

Sunanik Sunanik (IAIN Samarinda)
Siti Julaiha (IAIN Samarinda)
Yanti Yanti (IAIN Samarinda)



Article Info

Publish Date
07 Jun 2021

Abstract

Latar belakang terangkatnya penelitian ini karena keberhasilan PAUD IT ini dalam mengajarkan pembelajaran baca Al-Qur’an. Hal ini disebabkan adanya pemilihan metode baca Qur’an yang dianggap tepat. Metode dalam pembelajaran merupakan hal yang sangat penting dan sangat menentukan berhasil tidaknya proses belajar.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Metode Qiraa’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an di PAUD IT tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang berjenis kualitatif yang bersifat deskriftif. Subjek penelitian berasal dari data primer dan data skunder. Data primer berasal dari Kepala Sekolah dan Guru Kelas dan sumber data skunder berasal dari dokumentasi PAUD IT. Tehnik pengumpulan data mengunakan wawancara, observasi dan dukomentasi. Analisis data mengunakan data kualitatif melalui aktivitas reduksi data penyajian data dan penarikkan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian perencanaan Implementasi metode Qira’ati dalam pembelajaran baca Al-Qur’an pada anak usia 5-6 tahun di PAUD IT ini, Proses pembelajaran mengunakan model tema yang didalam satu hari ada beberapa pembelajaran salah satunya adalah pembelajaran baca Al-Qur’an mengunakan metode Qira’ati. Pelaksanaan metode Qira’ati dalam pembelajran baca Al-Qur’an dilakukan 3 kali dalam seminggu dengan jumlah 14 pendidik yang diteliti, pembelajaran awal pendidik mengucap salam dan dijawab oleh peserta didik, pendidik mencontohkan pokok pembelajaran. Kegiatan inti membaca Ta’audz dan Basmalah, mengaji secara Klasikal, Individual dengan kartu peraga kecil, besar kemudian mengaji individual mengunakan buku jilid. Kegiatan akhir Penilaian atau evaluasi kemudian membaca Tasdiq dan do’a sebelum pulang secara bersama-sama.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

bjpe

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Borneo Journal of Primary Education (E-ISSN 2775-5258) is a scholarly academic journalpublished by Faculty of Education and Teacher Training of UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda, Indonesia. It is a peer-reviewed open access journal in the fields of Islamic Education. The publication of an ...