Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman Teks Eksposisi pada siswa-siswi kelas X AKL 1 (Akuntansi Keuangan Lembaga 1), SMK N 1 Bangli dengan menggunakan media infografis.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dri penelitian ini adalah siswa kelas X AKL 1 yang berjumlah 27 orang dengan perincian (4) siswa putra dan (23) siswa putri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengumpulan data dengan metode kualitatif yaitu melalui wawancara dengan beberapa pertanyaan terkait masalah yang dihadapi oleh siswa. Setelah data kualitatif diperoleh, maka siswa akan diberikan infografis salah satu teks eksposisi dan 5 buah pertanyaan terkait teks eksposisi yang diberikan. Hasil penelitian dapat dilihat melalui sejauh mana siswa benar dalam menjawab soal dan akan dibuktikan melalui nilai yang diperoleh dari 5 soal yang telah di berikan. Dari media infografis yang diberikan, siswa sangat antusias dalam mengamati serta menjawab pertanyaan dengan cepat dan benar hanya dengan membaca gambar dalam infografis.Dalam penelitian ini, terlihat semua siswa sibuk mencari jawaban dan tidak ada yang malas lagi.Berdasarkan hasil penelitian, dari 27 siswa lebih dari 90% siswa menjawab semu soal dengan benar. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan infografis dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahamanteks eksposisi kelas X AKL 1 SMKN 1 BANGLI.
Copyrights © 2023