JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Pelaksanaan Pengembangan Karakter Disiplin Anak Usia Dini di Taman Kanak-Kanak Angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang

Adinda Aulia Rezka (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang)
Sri Hartati (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini , Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk melihat pelaksanaan pengembangan karakter disiplin anak di Taman Kanak-kanak Angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif, Subjek penelitian adalah anak di Taman Kanak-kanak Angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang dan informan penelitian adalah kepala sekolah dan guru kelas. Teknik pengumpulan yaitu observasi, wawancara, Tanya Jawab, dan pengambilan dokumentasi. Hasil dari penelitian Pelaksanaan pengembangan karakter disiplin pada anak usia dini adalah sebagai berikut : a) disiplin waktu b) disiplin berpakaian c) disiplin sikap. Pelaksanaan pengembangan karakter disiplin pada anak usia dini di Taman Kanak-kanak angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang sudah dilaksanakan dengan baik. Pelaksanaan pengembangan karakter disiplin anak usia dini di Taman Kanak-kanak angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang dilakukan melalui pembiasaan-pembiasaan, metode keteladanan, dan metode praktik dan perbuatan. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pengembangan karakter disiplin di Taman Kanak-kanak angkasa Lanud Sutan Sjahrir Padang yaitu dalam disiplin waktu, pada disiplin waktu ini tidak semua anak bisa datang kesekolah tepat pada waktunya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...