Orangtua memiliki peran kuat dalam memberikan pendidikan dasar kepada anak serta pemerintah wajib untuk mendukung hal ini dengan memberikan akses serta menjamin pendidikan terselenggara secara bermutu yang kemudian berharap menghasilkan hasil belajar yang tampak berkembang pada anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas peran orangtua siswa setelah masa pandemi, kualitas hasil belajar siswa, dan pengaruh perang orang tua terhadap hasil belajar setelah pandemi. Penelitian ini termasuk penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian berjumlah 70 siswa. Analisis yang dilakukan menggunakan tehnik analisis regresi linier sederhana dan pengolahan analisis regresi menggunakan bantuan program SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas Peran Orangtua berada pada Kualitan “Sangat Baik” dengan persentase sebesar 80,60 %. Kualitas Hasil Belajar berada pada klasifikasi “Baik” dengan persentase sebesar 77,80 %. Sedangkan Koefisien determinasi yang dimiliki oleh variabel X terhadap variabel Y yaitu sebesar 0,947 dengan tafsiran pengaruh parsial mengunakan determinasi berada pada kriteria Sangaat Tinggi atau Sangat Kuat. Dengan kata lain, variabel X mempengaruhi variabel Y sebesar 0,947 atau dengan persentasi 94,7 %.
Copyrights © 2023