JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 7 No. 1 (2023): April 2023

Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Menggunakan Sparkol Videoscribe pada Materi Fluida Statis terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Teluk Sebong

Afrinanda Pratiwi (Pendidikan Fisika, Universitas Riau Pekanbaru)
Nur Islami (Pendidikan Fisika, Universitas Riau Pekanbaru)
Azhar Azhar (Pendidikan Fisika, Universitas Riau Pekanbaru)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2023

Abstract

Kurikulum 2013 telah memenuhi kecakapan abad 21 yang terdiri dari Kecakapan Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah, Kecakapan Berkomunikasi, Kecakapan Kreatifitas dan Inovasi, dan Kecakapan Kolaborasi yang berbasis karakter dan kompetensi masih diterapkan di beberapa sekolah di Indonesia. Untuk memenuhi kecakapan dalam kurikulum 2013, peserta didik membutuhkan suatu model pembelajaran yang kreatif serta mempuni sehingga peserta didik bisa meningkatkan hasil belajar. Oleh karena itu digunakan model pembelajaran kooperatif menggunakan sparkol videoscribe. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif menggunakan sparkol videoscribe terhadap hasil belajar pada meteri fluida statis dan mendeskrpsikan hasil pembelajaran kooperatif menggunakan Sparkol Videoscribe. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan menggunakan rancangan Nonequivalent Kontrol Group Design. sampel yang diambil dari populasi berjumlah 2 kelas. Kelas kontrol diberikan perlakuan dengan menggunakan pembelajaran kooperatif menggunakan sparkol videoscribe dan kelompok kontrol diberikan pembelajaran konvensional. Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara memberikan post-test setelah pembelajaran untuk ranah kognitif, pengumpulan data ranah afektif dan psikomotorik melalui observasi peneliti.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...