Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) mengetahui kepraktisan bahan ajar pembelajaran matematika berbasis media interaktif menggunakan aplikasi Macromedia Flash untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada siswa kelas VIII SMP Gema Buwana; (2) mengetahui keefektifan bahan ajar pembelajaran matematika berbasis media interaktif menggunakan aplikasi Macromedia Flash untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada siswa kelas VIII SMP Gema Buwana; (3) mengetahui peningkatan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan bahan ajar pembelajaran matematika berbasis media interaktif menggunakan aplikasi Macromedia Flash. Penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini menggunakan model ADDIE. Objek dari penelitian ini yaitu pengembangan bahan ajar berbasis media interaktif menggunakan aplikasi Macromedia Flash untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) bahan ajar berbasis media interaktif menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8 diperoleh dari hasil angket kepraktisan guru dan siswa diperoleh rata-rata bahan ajar yang dikembangkan yaitu 87,55% dengan kategori “sangat praktis”; (2) keefektifan bahan ajar berbasis media interaktif menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8 diperoleh dari hasil tes siswa yaitu 86,67% dengan kategori “sangat efektif”; (3) peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan bahan ajar berbasis media interaktif menggunakan aplikasi Macromedia Flash 8 diperoleh dari hasil analisis N-Gain yaitu dengan persentase 66,45% yang termasuk kategori efektif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023